Wajib bagi ibu menyusui untuk mengkonsumsi makanan yang dapat membantu memperbanyak ASI, sebab ASI merupakan makanan dan minuman utama bayi hingga berusia 6 bulan. Barulah setelah usia 6 bulan ke atas bayi dapat mengkonsumsi MPASI yaitu merupakan bubur lembut, ASI sendiri memiliki manfaat yang banyak untuk bayi seperti menjaga kesehatannya dan meningkatkan kecerdasannya.

Namun tidak semua ibu memiliki ASI yang lancar, apabila dibiarkan terus menerus maka dapat membahayakan nyawa bayi. Hal ini disebabkan ASI merupakan makanan utama, jadi apabila tidak ada ASI otomatis bayi akan kelaparan sehingga apabila dibiarkan dalam waktu yang lama maka akan membuat bayi meninggal. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika ibu mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan jumlah ASI ini, dimana sangat mudah ditemukan dan harganya juga sangat murah.

1. Daun katuk

Sudah menjadi rahasia umum bahwa daun katuk sangat ampuh dalam memperbanyak dan melancarkan ASI, dimana daun ini telah digunakan sejak zaman dahulu. Namun saat ini keberadaan daun katuk sudah sangat susah untuk ditemui, padahal ramuan yang terbuat dari daun ini sangat ampuh. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya jamu pelancar asi yang mengandung daun ini, tetapi rasa pada daun ini sangatlah pahit.

Namun apabila diolah dengan cara yang benar maka rasa pahit tersebut dapat hilang, tetapi kandungan protein pada daun katuk sangat tinggi sehingga bagus untuk memproduksi ASI yang banyak. Pada saat menyusui maka ibu membutuhkan protein lebih tinggi dibandingkan kondisi normal, apabila kondisi normal membutuhkan 40 gram protein maka pada saat menyusui membutuhkan 60 gram protein.

Untuk mencukupi kebutuhan protein ini maka ibu harus mengkonsumsi minimal 100 gram daun katuk, sebab jika ASI lancar maka bayi senang dan ibu senang. Karena ibu mana yang sanggup melihat anaknya menangis karena kelaparan, tentunya semua ibu ingin anaknya tumbuh sehat.

2. Pohon pepaya

Semua yang terdapat pada pohon pepaya dapat berguna untuk memperbanyak ASI, dimulai dari buah, bunga, dan daunnya. Untuk bagian bunganya terkandung vitamin A, vitamin C, mineral seperti kalsium dan asam folat. Kandungan enzim ini berguna untuk mencerna protein sehingga dapat membuat produksi ASI menjadi lancar dan membantu proses pencernaan.

Ditambah lagi pada saat menyusui ibu memerlukan banyak cairan, dimana pada buah pepaya terkandung cairan yang sangat banyak sehingga dapat mencukupi kebutuhan cairan pada ibu. Karena ketika ibu menyusui tidak boleh dehidrasi sebab dapat menghambat proses produksi ASI.Untuk buah pepaya baik yang sudah matang maupun yang mengkal juga dapat diolah menjadi cara memperlancar ASI.

Untuk pepaya yang sudah matang maka dapat dimakan langsung sedangkan yang masih mengkal dapat dijadikan sup, membuat supnya juga dapat dicampurkan dengan bahan lain sehingga kebutuhan vitamin pada tubuh juga tercukupi. Apabila Anda susah menemui daun katuk maka tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi olahan pepaya ini, dimana ramuan ini juga telah digunakan sejak dulu.

3. Bayam

Tentunya Anda tidak jarang lagi dengan bayam, dimana sayuran ini sangat mudah ditemukan dan harganya sangat murah. Manfaat bayam untuk kesehatan juga tidak perlu diragukan lagi, sebab memiliki segudang manfaat untuk menghilangkan berbagai macam penyakit termasuk dalam memproduksi ASI. Karena di dalam bayam terdapat zat besi, dimana senyawa ini sangat diperlukan dalam memproduksi ASI.

Ketika ibu menyusui maka diperlukana sel darah merah, hal ini dikarenakan ASI sendiri merupakan darah. Apabila Anda tidak percaya maka dapat mencoba memanaskan ASI, maka lama kelamaan ASI yang awalnya bewarna putih akan berubah menjadi darah. Pembentukan darah sendiri juga memperlukan zat besi, selain zat besi juga terdapat vitamin B6 pada bayam.

Vitamin ini juga berfungsi dalam meningkatkan sistem imun pada bayi, sebab sistem imun bayi sangatlah rendah jadi mudah terserang berbagai macam penyakit. Kandungan dalam bayam juga tidak hanya itu saja, namun juga terdapat vitamin A, E, L, dan protein. Ditambah lagi terdapat enzim phytoestrogens, dimana enzim ini hanya ditemukan pada sayuran hijau. Enzim ini juga sangat membantuk ketika ASI sedang diproduksi.

4. Wortel

Wortel sudah terkenal khasiatnya dalam menjaga kesehatan mata sebab kandungan vitamin A pada buah ini sangat tinggi, namun kandungan vitamin A tersebut sangat bagus dalam memperbanyak ASI. Tidak ketinggalan kandungan enzim phytoestrogensnya juga tinggi, karena itu tidak ada salahnya jika Anda mengkonsumsi jus wortel pada saat siang hari. Jadi ketika sorenya ASI Anda telah banyak atau jika Anda tidak menyukai jus wortel maka dapat mengolahnya dalam bentuk sup. Namun ketika merebus wortel Anda juga harus memperhatikan, sebab jika terlalu lama merebusnya maka kandungan di dalamnya akan rusak atau hilang. Jadi manfaat yang diberikan tidak akan maksimal, untuk menemukan wortel juga tidaklah sulit. Sebab Anda dapat temukan baik pada pasar tradisional maupun supermarket. Selain itu wortel juga dapat mengatasi sembelit pada ibu menyusui, sebab ibu menyusui tidak dapat asal saja dalam mengkonsumsi obat pencahar. Karena kandungan di dalam obat dapat memberikan efek kepada ASI, jadi jika masuk ke tubuh bayi dan tidak cocok tentunya akan memicu terjadinya masalah kesehatan.

5. Air

Air tentunya memiliki segudang manfaat untuk tubuh, selain dapat menghindari dehidrasi juga dapat membantu kerja organ. Karena itu kita sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan air dengan mengkonsumsi air 8 gelas sehari, tentunya air juga sangat dibutuhkan dalam memproduksi ASI. Sebab jika kekurangan cairan maka ASI tidak berproduksi dengan lancar, oleh sebab itu ibu menyusui harus sebanyak-banyaknya meminum air. Namun air yang diminum adalah air putih, jangan meminum air dalam kemasan yang telah diberikan rasa atau pemanis buatan. Karena kandungan pemanis buatan tidak bagus dalam tumbuh kembang bayi.

6.Kacang tanah mentah

Kacang tanah merupakan tanaman yang termasuk dalam suku Fabaceae, tanaman ini berasal dari Amerika Selatan tepatnya Brazil. Tanaman ini dapat tumbuh dengan tinggi 30 hingga 50 cm, selain dapat diolah menjadi berbagai macam makanan kacang ini bagus dalam menjaga kesehatan. Seperti mengatasi depresi, menjaga berat badan, menekan resiko terjadinya kanker usus dan sangat baik untuk ibu hamil. Kacang tanah termasuk dalam salah satu bahan makanan yang mengandung protein yang sangat tinggi, serta dalam mengolahnya juga sangat mudah dimana masyarakat Indonesia biasanya mengolahnya menjadi bumbu kacang atau menggorengnya. Mengkonsumsi kacang tanah mentah sangat bagus dikonsumsi oleh ibu menyusui karena dapat memperbanyak ASI, tetapi tidak semua orang mengkonsumsi kacang tanah mentah karena susah dalam mengunyahnya. Walaupun baik untuk ibu hamil, namun mengkonsumsi kacang tanah mentah dapat menyebabkan keguguran jadi jika ingin dikonsumsi oleh ibu hamil maka harus dimasak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *